Sabtu, 30 Juli 2016

3 IDIOTS [2009]

**FILM SUPER**
Film itu ibaratnya seperti manusia. Tidak ada film yang benar-benar sempurna. Bahkan untuk film bergelar sebagai yang “terbaik,” selalu ada kekurangan di dalamnya. Namun tentu saja, kekurangan tersebut memiliki batasannya dan masih bisa dimaklumi.

Saya menonton “3 Idiots” entah sudah empat atau lima kali. Keputusan akhir saya adalah memasukkannya ke dalam daftar “Film Super.” Hal ini juga berlaku untuk film-film lainnya yang berlevel sama dan telah saya tonton sebelumnya. Ini tinggal masalah waktu saja sampai saya menyelesaikan watching list

“Film Super” bukanlah titel untuk film yang sempurna. Ini hanya sekumpulan film yang saya anggap sangat bagus. Atau mungkin luar biasa. Kembali lagi ini masalah selera personal. Tentunya Anda sendiri pun bisa memiliki daftar “Film Super.” Jikalau Anda membuat daftar serupa dan memasukkan franchise “Transformers” ke dalamnya, itu pun tidaklah masalah. 

“Film Super” juga menjadi cara saya untuk memberikan rekomendasi. Teman saya sering menanyakan soal film apa yang bagus dan layak tonton. Tidaklah mudah menyebutkannya satu persatu. Maka cara terpraktis yang bisa saya berikan adalah memberikan daftar “Film Terbaik Tahun...” atau “Film Super.”

Penonton awam banyak yang memandang “3 Idiots” sebagai flawless. Namun bagi saya pribadi, “3 Idiots” bukanlah tanpa cela sedikit pun. Hal itu tidak menampik fakta bahwa “3 Idiots” memang film yang sangat bagus. Sebagai contoh, saya membuat survey kecil tentang film India yang paling bagus. Jawaban mayoritas adalah film arahan Rajkumar Hirani ini. Sisanya adalah feel-good movie lain sejenisnya. Usut punya usut, hingga kini komedi memang masih banyak mengambil hati.
Berangkat dari alasan itulah mengapa “3 Idiots” patut saya tambahkan ke dalam daftar spesial ini. Film ini lucunya memang sudah tidak ketulungan lagi. Apakah hanya itu yang didapat setelah menontonnya? Saya yakin tidak. Kebanyakan yang sudah menontonnya, mengambil adanya pesan moral yang dikandungnya sebagai sisi yang menarik. Ini tidaklah salah.

“3 Idiots” ditulis secara bebarengan oleh Abhijat Joshi, Hirani, dan juga Vidhu Vinod Chopra. Seperti judulnya, film ini menengahkan tiga tokoh sentral di dalamnya. Rancho (Aamir Khan), Farhan (R. Madhavan) dan Raju (Sharman Joshi). Mereka bertiga kuliah di kampus teknik ternama di India. Selama di sana, mereka menghadapi beban dan tekanan dalam sistem pendidikan.

Antagonis di sini adalah Dr. Viru Sahasrabuddhe (Boman Irani). Dia dipanggil “Virus.” Ia dikenal sebagai sosok yang gemar berkompetisi, mendukung para mahasiswa didikannya menjadi jebolan yang terbaik. Namun Rancho, menemukan ada kesalahan dari apa yang diajarkannya. Sisi depresif ada dalam film, tapi dikombinasikan seimbang dengan komedi.

Plotnya sangat familiar seperti banyak film-film di luar sana. Saya percaya Anda sering menemui film-film serupa. Ini tentang impian, persahabatan, dan pencarian jati diri. Ini juga soal disfungsi sistem pendidikan. Oh tentu, bumbu romansa juga harus ada di sini. Tapi apa yang membuatnya fresh dibanding film serupa adalah bagaimana kita menertawai tema yang diangkat tersebut. Di sinilah peranan komedi sangat penting sebagai pemolesnya.
Menggunakan tema yang vital atau sensitif lalu menertawainya adalah cara menghadirkan komedi yang cerdas. Rajkumar Hirani terbukti berhasil di sini. Hal yang sama dapat kita temukan dalam “PK” (2014), walau temanya lebih sensitif dari “3 Idiots.”

Karakter Rancho yang dimainkan Aamir Khan adalah materi studi karakter yang sangat menarik. Ada banyak yang menyebutnya sebagai jenius berkedok lugu. Saya punya penilaian lain; Rancho bukanlah jenius. Ia memiliki kecerdasan rata-rata. Ia hanya praktis dan efisien. Sesuatu yang dimiliki semua orang, hanya kebanyakan tidak menggalinya. Ia mengikuti passion.

Saya teringat quote dari Albert Einstein yang menunjukkan kerendahan hatinya. “Aku tidaklah jenius, tapi aku memiliki gairah akan rasa ingin tahu.” Seperti inilah seharusnya. Dengan mengikuti kata hati, kita tahu jalan mana yang harus dilalui. Dan kita tahu siapa diri kita sebenarnya. Dunia tidak butuh manusia ber-IQ tinggi, melainkan manusia yang berguna.

15 komentar:

  1. Hai teman teman mari lihat ke blog ini , anda dapat melihat mouse mouse yang murah dan berkualitas dan game game yang sanagat dinantikan di tahun 2017 ini dan game game terbaik di 2016
    http://ceritanyagame.blogspot.co.id/ 

    BalasHapus
  2. ini film gilaa!!!! bukti kalo film keren ga harus pake teknologi canggih. pesan moralnya banyak banget di film ini. sayang di Indonesia belum ada film kaya gini.

    BalasHapus
  3. Puluhan kali nonton film ini, tetep bagus, gak ngebosenin

    BalasHapus
  4. thx bro Iza Anwar krna sudah share review2 film yg bagus untuk ditonton.

    BalasHapus
  5. Kekurangan film ini yg buat saya kurang greget grgr ad nyanyi2 Sama joget2 gak jelas nya haha

    BalasHapus
  6. Ini film lucu banget sumpah

    BalasHapus
  7. ini film yang sangat mengispirasi bagus sekali filmnya

    BalasHapus
  8. Daftar akun sekarang, deposit, dapatkan BONUS dan mainkan POKER ONLINE bersama POKERVITA !!

    Terdapat berbagai macam BONUS yang diberikan oleh Pokervita.
    ✔ BONUS RETURNING MEMBER
    ✔ BONUS NEW MEMBER
    ✔ BONUS EVERYDAY
    ✔ BONUS REFFERAL
    ✔ BONUR ROLLINGAN
    ✔ BONUS CASHBACK

    Dengan 1 USERID dan minimal deposit Rp 50.000 saja sudah dapat memainkan permainan yang disediakan oleh POKERVITA.

    Tersedia layanan bank, via pulsa , gopay , ovo , jenius , linkaja , dana ternama di Indonesia dengan sistem permainan FAIRPLAY ! Dijamin aman dan menguntungkan bermain disini !!

    Berapapun kemenangan Anda pastinya akan dibayarkan !!

    Cusss, langsung daftarkan diri Anda disini bersama kami dan menangkan JACKPOT HOKImu disini !!!

    Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via LIVECHAT 24 JAM ataupun WA / TELEGRAM : +628122222995

    #pokervita #pokerv #bolavita #situsjudiaman #situsjuditerpercaya #pokeronlineterbaik #Pokeronlineterpercaya #pokerindonesia #pokeridn #judiindonesia #pokeronlineindonesia #agenpoker #fairplay #pastidibayar #domino #capsasusun #judipoker #pokeraman #kartupoker

    BalasHapus
  9. Prediksi terbaik dan akurat hanya ada di situs kami di https://autojp4d.com/

    BalasHapus
  10. How to get rid of Yahoo search on chrome?

    It is your choice if you want a yahoo search or not. So if you wish to remove it and get rid of it, you can do that. And the process isn’t that overwhelming. Everyone can perform these steps. To remove it, start your PC in Safe Mode. Safe Mode is the perfect environment to solve the critical errors as only system programs, and some important ones run. So it will kill the applications which run automatically on the system and you’ll get the answer to how to get rid of yahoo search on chrome . So this way, you’ll get rid of yahoo search.

    Instant tips to make Yahoo My Homepage!

    While there are a variety of emailing systems accessible today, Yahoo is one of the most popular options for most people. However, there may be occasions when you consider how to make Yahoo my homepage. When you set Yahoo as your homepage on your computer, you can have quick accesses to Yahoo services whenever you open a browser. You must change the settings to designate Yahoo as your default homepage if you want the web browser to open Yahoo Homepage every time you open it. However, there are several options on how to make yahoo my homepage.

    What is the need to turn off email notifications on Outlook iPhone?

    Outlook is undoubtedly one of the top email services. And it makes our life easier. But sometimes, these services distract us from our primary goals. So, unless and until the job demands an outlook, you should keep the notification off. Otherwise, messages like “You Have New Mail” will stop popping, disturb, and distract you. When you will turn off email notifications Outlook iPhone, then it will help keep you more focused on the task, and you’ll be able to do more and more.

    Why is iCloud Email not Working?

    Apple knows that iCloud Mail experiences an issue that stops users from sending, receiving or even accessing the mail account. The status tells you to sit back and wait until the problem is resolved. But, it would be best if you did not do that. Instead, follow the steps given below to solve the issue. Firstly check if your iCloud Mail is turned on to solve icloud email not working. And if it is off, then toggle it on. Then ensure that there is enough storage on iCloud. For that, go to settings. Then click on your name and go to iCloud. Then you can clear the repository accordingly.


    BalasHapus
  11. Importance of Hiring Social Media Marketing Services


    If you are running a business and are contemplating to grow, then the best thing to do is to be present online. Having an online presence, especially on social media platforms can amplify your revenue and profit. There are many benefits of implementing social media marketing services. Some of these are:

    ● Targeting the right audience, and engaging with the potential customers
    ● Looking at your competitors’ social media postings might help you figure out where you need to improve and what you should avoid
    ● SERP & website traffic will improve; generating greater ROI
    ● Reading what your consumers are saying about your company on social media may be a great method to learn about your goods, promotions, popularity, and more; also retargeting missed customers

    There are many more benefits when you hire a social media marketing service provider like Digital Polaris. Prioritize your SMM strategy as soon as possible to rake in the moolah.

    Find Out:
    Best Seo Company
    Best Digital Marketing Company
    Best Content Marketing Company
    Best Pay Per Click Company
    Best WordPress Development Company
    Best Magento Development Company
    Best Website Development Company
    Best Web Designing Company
    Best Branding Company

    BalasHapus

AYO KITA DISKUSIKAN !