Selasa, 02 Agustus 2016

A FISH CALLED WANDA [1988]

“Pada tahun 1989, seorang pria Denmark bernama Ole Bentzen tertawa terbahak-bahak hingga tidak bisa berhenti. Akibatnya, detak jantungnya meningkat tajam dan menyebabkan serangan jantung. Nyawanya tidak tertolong.” Tulisan ini adalah intisari dari sebuah sumber yang banyak tersebar di internet. Ini peristiwa nyata. Apa yang membuatnya tertawa terbahak-bahak? Menonton film berjudul “A Fish Called Wanda.” Benarkah selucu itu?

Sudah lama saya membaca informasi tersebut. Ada perasaan was-was di saat saya juga akan melakukan hal yang sama. Jujur saya, saya takut tertawa hingga tidak bisa terhenti seperti yang pria Denmark itu alami. Beberapa film telah berhasil membuat saya tertawa girang dibuatnya. Sebagian sampai membuat saya menangis bahkan rahang yang lelah.
“A Fish Called Wanda” bercerita seputar grup perampok di Kota London. Dipimpin oleh George Thomason (Tom Georgeson), ia merencanakan untuk merampok berlian di bank senilai 20 juta Pound. Dalam kepemimpinannya, ia memiliki asisten sekaligus kekasih yang bernama Wanda (Jamie Lee Curtis); seorang Amerika. Dan juga Ken (Michael Palin); si gagap yang sangat mencintai hewan. 

Untuk memuluskan rencana, Wanda mengajak saudaranya yang bernama Otto (Kevin Kline). Otto memiliki karakterisasi yang kuat. Ia sentimen dengan dengan segala hal berbau Inggris (Anglophobia). Bicaranya bak seorang filsuf pemuja Friedrich Nietzsche. Otto juga pribadi yang pencemburu dan amat benci jika dipanggil “bodoh.”

Di film ini, Otto bisa dibilang tokoh yang paling kaya akan karakterisasi. Fungsinya vital sebagai salah satu trio yang akan meramaikan alur film. Setelah perampokan berhasil dijalankan, kita akan mengetahui jika Wanda dan Otto berkonspirasi dalam kelompok ini. Mereka bersekongkol untuk menguasai berlian dan menjebak George dalam penjara. Apes! Sebelum mereka mendapatkannya, George terlebih dahulu mengamankannya.

Tinggal saya sebutkan satu lagi karakter yang akan menjadi pemanis di sini. Archie (John Cleese) namanya; seorang pengacara. Kali ini Archie ditunjuk sebagai pembela dan orang kepercayaan George. Apa pun yang terjadi, George harus keluar dari penjara. Masalahnya ada seorang nenek tua yang menjadi saksi perampokannya. Nenek itu harus dilenyapkan. Ken yang gagap dan polos diutus untuk misi ini.

Rahasia di mana berlian hanya ada pada George dan Ken. Tapi Wanda menduga jika Archie juga mengetahuinya. Didekati dan dirayunya Archie. Seorang ayah dan suami yang baik seperti Archie, dengan mudahnya jatuh ke tangan si cantik Wanda. Film berjalan semakin menarik ketika interaksi antar karakter disibukkan dengan tugas masing-masing.

“A Fish Called Wanda” disutradarai oleh Charles Crichton dan naskah oleh Cleese sendiri. Kekuatan dari film ini ada pada penokohan yang kuat. Semua dihadirkan berimbang menciptakan peranan dengan chemistry yang solid. Tidak ada karakter yang terbuang di sini. Naskah tulisan John Cleese berhasil menjembatani dinamika yang terjadi antar karakter. Konfliknya sederhana menurut saya. Efek beruntun yang menjadi rantai penghubung tiap karakter adalah nyawa dari film ini.
Komedi yang ditawarkan bukanlah berupa joke, melainkan komedi fisik. Saya pikir ini adalah komedi khas British. Komedi fisik memang lebih dekat pada suguhan brainless. Saya katakan demikian, karena untuk memancing tawa, tak perlu menyiapkan lelucon yang brilian. Cukup dengan aktor berperan bodoh dan konyol, penonton sukarela akan menertawainya. Berbeda dengan “A Fish Called Wanda,” ia terlihat cerdas karena karakterisasi yang begitu hidup.   

Indonesia dan sebagian besar negara Asia dan Eropa memiliki selera humor yang hampir sama. Kita sama-sama menyukai slapstick yang mudah dicerna. Kelebihan dari komedi jenis ini adalah pada penuturannya dengan bahasa yang universal. Sedangkan joke yang terkadang kultural, lebih kepada segmen tertentu. 

“A Fish Called Wanda” berhasil membuat saya terpingkal-pingkal. Tenang, saya masih bisa mengendalikannya. Saya yakin Anda semua dengan mudah akan menikmati leluconnya. Maka jawaban dari saya dalam akhir paragraf pertama di atas adalah “ya!”         

22 komentar:

  1. Dilihat dari review yg bro tulis kayaknya keren nih. Bakal aku masukin ke "watchlist"...

    Mampir ke blog ku juga ya, thanks!
    https://denoresandono.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. Saya kok cuma ketawa di beberapa bagian aja, ya?

    I have no sense of humor kali ya?

    BalasHapus
  3. manis sekali review nya gan saya infokan website streaming film tambahan

    nonton drama korea gratis

    nonton movie

    BalasHapus
  4. Fantastic blog post.Really looking forward to read more. Really Cool.
    LayarBiru18
    Boomseks69
    Bokep JAV

    BalasHapus
  5. kami menghadirkan bandarqq pkv games dan dominoqq yang dapat dimainkan selama 24 jam http://www.e-ktp.com/

    BalasHapus
  6. KALAU FILM INI DIJADIKAN UNTUK SKRIPSI , KIRA-KIRA YANG BAGUS DITELITI APA YAH ?? ADA SARAN PLIS

    BalasHapus
  7. Daftar akun sekarang, deposit, dapatkan BONUS dan mainkan POKER ONLINE bersama POKERVITA !!

    Terdapat berbagai macam BONUS yang diberikan oleh Pokervita.
    ✔ BONUS RETURNING MEMBER
    ✔ BONUS NEW MEMBER
    ✔ BONUS EVERYDAY
    ✔ BONUS REFFERAL
    ✔ BONUR ROLLINGAN
    ✔ BONUS CASHBACK

    Dengan 1 USERID dan minimal deposit Rp 50.000 saja sudah dapat memainkan permainan yang disediakan oleh POKERVITA.

    Tersedia layanan bank, via pulsa , gopay , ovo , jenius , linkaja , dana ternama di Indonesia dengan sistem permainan FAIRPLAY ! Dijamin aman dan menguntungkan bermain disini !!

    Berapapun kemenangan Anda pastinya akan dibayarkan !!

    Cusss, langsung daftarkan diri Anda disini bersama kami dan menangkan JACKPOT HOKImu disini !!!

    Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via LIVECHAT 24 JAM ataupun WA / TELEGRAM : +628122222995

    #pokervita #pokerv #bolavita #situsjudiaman #situsjuditerpercaya #pokeronlineterbaik #Pokeronlineterpercaya #pokerindonesia #pokeridn #judiindonesia #pokeronlineindonesia #agenpoker #fairplay #pastidibayar #domino #capsasusun #judipoker #pokeraman #kartupoker

    BalasHapus
  8. How to get rid of Yahoo search on chrome?

    It is your choice if you want a yahoo search or not. So if you wish to remove it and get rid of it, you can do that. And the process isn’t that overwhelming. Everyone can perform these steps. To remove it, start your PC in Safe Mode. Safe Mode is the perfect environment to solve the critical errors as only system programs, and some important ones run. So it will kill the applications which run automatically on the system and you’ll get the answer to how to get rid of yahoo search on chrome . So this way, you’ll get rid of yahoo search.

    Instant tips to make Yahoo My Homepage!

    While there are a variety of emailing systems accessible today, Yahoo is one of the most popular options for most people. However, there may be occasions when you consider how to make Yahoo my homepage. When you set Yahoo as your homepage on your computer, you can have quick accesses to Yahoo services whenever you open a browser. You must change the settings to designate Yahoo as your default homepage if you want the web browser to open Yahoo Homepage every time you open it. However, there are several options on how to make yahoo my homepage.

    What is the need to turn off email notifications on Outlook iPhone?

    Outlook is undoubtedly one of the top email services. And it makes our life easier. But sometimes, these services distract us from our primary goals. So, unless and until the job demands an outlook, you should keep the notification off. Otherwise, messages like “You Have New Mail” will stop popping, disturb, and distract you. When you will turn off email notifications Outlook iPhone, then it will help keep you more focused on the task, and you’ll be able to do more and more.

    Why is iCloud Email not Working?

    Apple knows that iCloud Mail experiences an issue that stops users from sending, receiving or even accessing the mail account. The status tells you to sit back and wait until the problem is resolved. But, it would be best if you did not do that. Instead, follow the steps given below to solve the issue. Firstly check if your iCloud Mail is turned on to solve icloud email not working. And if it is off, then toggle it on. Then ensure that there is enough storage on iCloud. For that, go to settings. Then click on your name and go to iCloud. Then you can clear the repository accordingly.


    BalasHapus
  9. BLog Sinopsis Film yang bagus sekali nih.. sangat direkomendasi buat semua penggemar film yang ingin mengetahui jalan cerita sebelum menonton. Update trus ya min ditunggu sinopsi movie seru lainnya :)

    Jangan Lupa nonton movie online sub indo di situs kami juga yah :D ditunggu kunjungan anda terimakasih :)

    BalasHapus
  10. Importance of Hiring Social Media Marketing Services


    If you are running a business and are contemplating to grow, then the best thing to do is to be present online. Having an online presence, especially on social media platforms can amplify your revenue and profit. There are many benefits of implementing social media marketing services. Some of these are:

    ● Targeting the right audience, and engaging with the potential customers
    ● Looking at your competitors’ social media postings might help you figure out where you need to improve and what you should avoid
    ● SERP & website traffic will improve; generating greater ROI
    ● Reading what your consumers are saying about your company on social media may be a great method to learn about your goods, promotions, popularity, and more; also retargeting missed customers

    There are many more benefits when you hire a social media marketing service provider like Digital Polaris. Prioritize your SMM strategy as soon as possible to rake in the moolah.

    Find Out:
    Best Seo Company
    Best Digital Marketing Company
    Best Content Marketing Company
    Best Pay Per Click Company
    Best WordPress Development Company
    Best Magento Development Company
    Best Website Development Company
    Best Web Designing Company
    Best Branding Company

    BalasHapus

AYO KITA DISKUSIKAN !