Rabu, 27 Juli 2016

THE FLY [1986]

**FILM SUPER**
David Cronenberg paling diingat akan karyanya yang ber­genre body horror, dan “The Fly” adalah yang saya maksudkan. “The Fly” tidak hanya sukses secara komersial pada masanya. Film ini juga meraih critical acclaim lewat performa Jeff Goldblum, spesial efek (menang di Academy Award), serta pesan tentang AIDS yang terselip di dalamnya.

Mungkin mengulas kembali film lawas macam “The Fly” yang sudah terlalu dikenal tampak sebagai pengisi waktu luang belaka. Tapi saya merasa perlu melakukan ini. Perlu sekali. Saya ingin banyak dari Anda mengetahui bagaimana film legendaris seperti ini, bisa selalu dikenang. Dan tentu ini juga berlaku untuk legenda lainnya yang secara bertahap akan saya ulas. 

Kembali ke topik, membicarakan “The Fly” sama halnya membicarakan bagaimana para pecinta gore bisa terpuaskan. “The Fly” memiliki apa yang selalu diharapkan oleh pecintanya; mutasi tubuh, darah muncrat, daging terkoyak, dan masih banyak lagi. Unsur penting yang meraih hati dari film sejenis di masanya adalah pada efek itu sendiri. 

Practical effect saat ini hampir jarang digunakan. CGI yang lebih modern dan praktis, berhasil menggerusnya. Penggunaan praktikal semacam ini lebih terlihat nyata dan menantang, menimbulkan emosi yang berbeda setiap kali menontonnya. Saya pikir, ‘waktu’ juga beperan penting di sini. Seandainya practical effect dimanfaatkan di masa kini, tidak ada jaminan bisa kembali meraih kesuksesan yang sama. Terlihat goofy mungkin.

“The Fly” diadaptasi dari cerita pendek berjudul sama karya George Langelaan. Pernah diadaptasi pula ke dalam film pada tahun 1958. Di sini saya tidak akan membandingkan keduanya, karena faktanya saya belum menonton versi orijinal. Untuk membandingkannya pun, saya yakin versi lebih klasik tidak mampu menyaingi versi Cronenberg hampir di semua lini. Tahapan transformasi creature—inilah yang tidak dimilikinya.
Di sini kita akan bertemu dengan Seth Bundle (Goldblum), ilmuwan yang penemuannya masih dirahasiakan. Wartawan dari Particle Magazine, Veronica Quaife (Geena Davis) berhasil mendekati Seth untuk mencari tahu apa yang terjadi. Kita tahu, pada akhirnya Seth dan Veronica adalah love-interest.

Seth Bundle adalah seorang pria canggung, nerdy, tidak percaya diri, dan semacamnya. Adakah gambaran ilmuwan yang normal dalam film? Semua ilmuwan tidaklah normal. Jika ia digambarkan normal, penonton akan sulit dalam memilah karakternya dengan karakter yang lain. Perlukah saya membicarakan karakter Seth cukup rinci di sini? Sangat perlu. Karakterisasinya memiliki substansi yang kuat dalam alur film. 

Cerita kemudian bergulir pada hubungan Seth dan Veronica lebih dalam. Seth lantas memperkenalkan penemuannya berupa mesin teleportasi bernama “Telepod.” Sukses memindahkan benda mati, Seth memiliki PR memindahkan makhluk organik. Dalam film-film science-fiction bertema invention, pokok permasalahan yang sering muncul adalah kegagalan percobaan. “The Fly,” tidak luput dari hal tersebut. Yang terjadi kemudian bukan lagi sebuah kegagalan. Tapi bencana!

Apa yang paling diingat orang pada “The Fly?” Tentu, sekuen transformasi Seth menjadi makhluk hybrid yang dikenal dengan “Bundlefly.” Chris Walas—yang kemudian menyutradarai sekuelnya, adalah kepala efek spesial di sini. Ia berhasil menciptakan creature yang tidak hanya menyeramkan, tapi pembuktian pula akan kemahirannya dalam meramu latex menjadi ‘mimpi buruk.’
Bagi saya pribadi, kuncinya adalah David Cronenberg sendiri. Ia jenius dalam mengatur timing. Ia tahu kapan saatnya memainkan tempo yang pelan, tahu pula kapan memberikan kejutan yang menggelegar. “The Fly” dibangun dengan slow building, membuat kita mengenal siapa saja karakter yang terlibat di dalamnya. Pengenalan karakter secara mendalam, penting juga bagi kita untuk memberi simpati dan menjadi bagian di dalamnya. Bahkan hingga dialog yang diujarkan, sangat menarik untuk disimak. Setiap kata yang terlontar tidak terasa sebagai omong kosong semata. 

“The Fly” tidak seperti horror kebanyakan dimana karakter berpondasi sangat kuat di sini. Performa Jeff Goldblum sebagai pria yang ‘kesakitan,’ dan chemistry dengan Geena Davis, membuat film ini seakan drama tragedi. Cinta, nafsu, kecemburuan; terangkum dengan sangat baik. Dan di saat itu pula kita lupa bahwa tengah menonton horror berefek disgusting. Hey, adakah horror lain dimana kita begitu peduli dengan karakternya? Adapula kah yang sesensual ini?       

Banyak yang berinterpretasi kalau “The Fly” menyiratkan soal AIDS. Cronenberg menyangkalnya dengan berpendapat bahwa ini tentang kematian; sebuah gerbang yang pasti dilalui makhluk hidup. Bagi saya, “The Fly” adalah metamorfosa. Sebuah keadaan dimana entitas menginginkan tingkatan sosial yang lebih tinggi, pola pikir, hingga emosi.

2 komentar:

  1. How to get rid of Yahoo search on chrome?

    It is your choice if you want a yahoo search or not. So if you wish to remove it and get rid of it, you can do that. And the process isn’t that overwhelming. Everyone can perform these steps. To remove it, start your PC in Safe Mode. Safe Mode is the perfect environment to solve the critical errors as only system programs, and some important ones run. So it will kill the applications which run automatically on the system and you’ll get the answer to how to get rid of yahoo search on chrome . So this way, you’ll get rid of yahoo search.

    Instant tips to make Yahoo My Homepage!

    While there are a variety of emailing systems accessible today, Yahoo is one of the most popular options for most people. However, there may be occasions when you consider how to make Yahoo my homepage. When you set Yahoo as your homepage on your computer, you can have quick accesses to Yahoo services whenever you open a browser. You must change the settings to designate Yahoo as your default homepage if you want the web browser to open Yahoo Homepage every time you open it. However, there are several options on how to make yahoo my homepage.

    What is the need to turn off email notifications on Outlook iPhone?

    Outlook is undoubtedly one of the top email services. And it makes our life easier. But sometimes, these services distract us from our primary goals. So, unless and until the job demands an outlook, you should keep the notification off. Otherwise, messages like “You Have New Mail” will stop popping, disturb, and distract you. When you will turn off email notifications Outlook iPhone, then it will help keep you more focused on the task, and you’ll be able to do more and more.

    Why is iCloud Email not Working?

    Apple knows that iCloud Mail experiences an issue that stops users from sending, receiving or even accessing the mail account. The status tells you to sit back and wait until the problem is resolved. But, it would be best if you did not do that. Instead, follow the steps given below to solve the issue. Firstly check if your iCloud Mail is turned on to solve icloud email not working. And if it is off, then toggle it on. Then ensure that there is enough storage on iCloud. For that, go to settings. Then click on your name and go to iCloud. Then you can clear the repository accordingly.


    BalasHapus
  2. Importance of Hiring Social Media Marketing Services


    If you are running a business and are contemplating to grow, then the best thing to do is to be present online. Having an online presence, especially on social media platforms can amplify your revenue and profit. There are many benefits of implementing social media marketing services. Some of these are:

    ● Targeting the right audience, and engaging with the potential customers
    ● Looking at your competitors’ social media postings might help you figure out where you need to improve and what you should avoid
    ● SERP & website traffic will improve; generating greater ROI
    ● Reading what your consumers are saying about your company on social media may be a great method to learn about your goods, promotions, popularity, and more; also retargeting missed customers

    There are many more benefits when you hire a social media marketing service provider like Digital Polaris. Prioritize your SMM strategy as soon as possible to rake in the moolah.

    Find Out:
    Best Seo Company
    Best Digital Marketing Company
    Best Content Marketing Company
    Best Pay Per Click Company
    Best WordPress Development Company
    Best Magento Development Company
    Best Website Development Company
    Best Web Designing Company
    Best Branding Company

    BalasHapus

AYO KITA DISKUSIKAN !