Jumat, 04 Maret 2016

GET A HORSE! [2013]

“Get a Horse!” adalah film pendek dari Walt Disney dengan karakter utamanya Mickey dan Minnie Mouse. Film pendek ini disutradarai oleh Lauren MacMullan; menjadikannya wanita pertama yang menyutradarai film-film kartun buatan Disney.

Pada bagian awal, “Get a Horse” menggunakan aspek rasio 1:33:1 dan gambar berwarna hitam putih. Lalu kemudian diikuti dengan perubahan ke layar berwarna dan animasi 3D. Pada bagian hitam putih, sangat mengingatkan kita pada Mickey Mouse klasik di era 1920-an berikut gambar sederhananya. 

Di film ini dikisahkan Mickey Mouse (Walt Disney) tengah jalan-jalan di suatu pagi. Kemudian ia bertemu dengan Horace Horsecollar yang menarik gerobak bersama teman-teman lainnya. Tidak lama kemudian, Minnie Mouse (Marcellite Garner) yang merupakan love interest-nya datang untuk ikut bersuka cita.
Kebahagian mereka terusik tatkala si kucing gendut Peg Leg Pete (Billy Bletcher) datang dan merebut Minnie. Tidak terima, Mickey balas menyerang meski akhirnya perlawanan berjalan tidak seimbang. Pete lalu melemparkan Mickey dan Horace hingga keluar “layar film.” Perlu diketahui sebelumnya, film ini diformat dengan tampilan layar bioskop.

Begitu Mickey dan Horace di luar layar, tiba-tiba ia merasakan keanehan yang tidak biasa. Tubuhnya menjadi berwarna dan 3D. Demi menyelamatkan kembali Minnie dari Pete yang jahat, Mickey memanfaatkan layar film untuk mengerjai Pete habis-habisan.

Fakta menarik dari film pendek “Get a Horse!” ini adalah digunakannya voice actor asli dari rekaman. Dari segi pembuatan, tingkat kerumitannya lebih tinggi sebab tim produksi harus menyesuaikan antara dialog (asli) dengan adegan dalam film. Salah satu contohnya adalah ketika Mickey mengucapkan kata “red,” tim produksi tidak menemukan dialog serupa dari rekaman suara Walt Disney. Alhasil, mereka harus mixing dengan dialog yang ada untuk menciptakan perpaduan yang baru.
Durasinya memang hanya 6 menit saja, tapi “Get a Horse!” berhasil membuat saya terpukau dengan tribute yang diberikan untuk mencipta ulang animasi yang sederhana (gambar tangan) dan penggunaan voice actor asli. Bagi penonton sekarang, atau bukan pengagum kartun-kartun Disney, alurnya cenderung biasa saja. Tapi demi menghidupkan figur legendaris, “Get a Horse!” berhasil mewujudkannya.

1 komentar:

  1. untuk kalian yang menunggu liburan dan bingung untuk cari tempat yang NYAMAN,MURAH dan STRATEGIS :) langsung aja yu kunjungi di HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    BalasHapus

AYO KITA DISKUSIKAN !