Minggu, 26 Juni 2016

18 TAHUN MENANTI, AKHIRNYA DAPAT LAGU INI!



Judul tulisan ini sangat lebay sekali ya? Memang bagi yang tidak merasakan tentunya sangat lebay sekali. Apalagi untuk sebuah lagu, mengapa harus saya nantikan hingga belasan tahun? Bukankah di zaman sekarang yang serba internet ini, mengunduh lagu adalah hal yang mudah—bajakan tentunya :)

Tapi apa jadinya jika lagu yang ingin dimiliki (atau didengar lagi), tidak tahu judulnya hingga nama penyanyinya? Pastinya ya amat merepotkan sekali. Hal inilah yang terjadi denganku. Ingin sekali mendengarkan lagi sebuah lagu (mungkin lebih tepatnya video klipnya), yang pertama kali aku lihat belasan tahun lalu.

Karena peristiwa terjadinya saja sudah belasan tahun lalu, tentu aku tidak tahu lagu siapa itu. Seingatku, saat itu aku masih kelas 2 atau 3 SD. Pastinya sangat menyulitkan sekali kalau mencoba mencarinya lagi. Walau dalam kenyataannya, mencari lagu mp3 atau video itu sangat mudah, asal tahu siapa dan apa judulnya.

Jadi awal mula perkenalan saya dengan lagu misterius ini adalah sebagai berikut (mencoba mengorek-ngorek kenangan yang sangat lama sekali). Pada saat subuh, seperti biasa ayahku membangunkanku dari tidur. Tak tau mengapa, saat itu ayahku langsung menyalakan tv. Di saat mata yang masih merem melek itulah perkenalan pertamaku dengan video klip unik ini.

Dalam video klip itu diceritakan beberapa orang yang menirukan wujud binatang liar. Bukan sekedar menirukan, sebab para aktor di klip itu dicat tubuhnya (body painting) sesuai dengan jenis binatang; ada harimau, macan tutul, singa (paling memorable), burung, dll.

Ingatanku benar-benar buram dengan lagu ini, bahkan dari nadanya saja. Yang pasti ini lagu barat. Pokoknya yang ada di pikiranku hanyalah adegan-adegan dalam klip tersebut yang menceritakan tentang binatang-binatang di alam liar Afrika.

Sejak pertama kali melihat klip itu, aku ingin sekali melihatnya lagi, lagi, dan lagi. Pernah suatu ketika aku memiliki harapan bisa melihatnya meski hanya sekali saja. Waktu pun terus berlalu. Rasa ingin tahu itu tetap tidak bisa aku hilangkan dari benakku. Tapi apa mau dikata, tidak ada satu pun clue yang mengarahkanku menuju klip/lagu itu.

Tidak terasa hampir 18 tahun telah berlalu dan aku masih ada harapan untuk bisa melihatnya lagi. Hingga pada suatu hari, tepatnya tanggal 22 Juni 2016 lalu, aku memutuskan untuk mencarinya lagi. Aku buka youtube. Lalu aku buka google. Tanpa tahu nama penyanyi dan judul lagunya, kata kunci yang aku miliki hanyalah ini: “video clip animal make-up.” Dan taraaaa.....

Muncullah nama “Dario G” dengan judul lagu “Sunchyme.” Seketika mataku berbinar-binar serasa hampir tidak percaya. Pencarian/harapan selama belasan tahun ini pun berakhir. Kutemukan juga video klip yang sejak lama sekali ingin aku lihat lagi. Oh...kenapa tak sejak dulu?

Tidak ingin menunggu lama lagi, langsung saja aku putar video tersebut di youtube. Oke, video klipnya memang keren punya—sekejap memori lamaku terbuka lagi. Alangkah tidak disangkanya, ternyata lagu tersebut hanyalah instrumental saja. 

Setelah itu saya googling, ternyata Dario G adalah band asal Inggris dengan genre musik electronic dance. Lagu ini emang asyik banget buat didengerin. Aku jamin jika kamu dengerin lagu ini, pastilah ikut berjoget sama-sama model di klip ini. Asyik banget pokoknya. Nah, beberapa hari ini pun aku gak bisa berhenti buat dengerin lagu ini terus dan terus.

Kalo soal klip nya yang keren itu, penuh arti yang dalam banget. Intinya klip lagu Sunchyme ini bercerita tentang manusia yang selalu merasa berbeda antar sesamanya. Jadi si singa selalu bermusuhan dengan harimau atau memangsa binatang lain seperti zebra. Di akhir klip, para binatang ini (aktor dengan body painting), menceburkan dirinya ke sungai. Cat di tubuhnya luntur, menunjukkan rupa aslinya. Pesan yang disampaikan adalah hapuskanlah segala perbedaan terhadap sesama, sebab kita semua adalah sama...manusia!

Nah bagi kalian yang penasaran dengan lagu dan video klipnya, silakan aja lihat di bawah ini. Saya jamin kalian pasti suka!   

1 komentar:

AYO KITA DISKUSIKAN !