Kamis, 07 Mei 2015

ATONEMENT [2007]


Terkadang, apa yang dilihat dari sudut pandang seorang anak kecil memang berbeda dengan apa yang dilihat oleh orang dewasa. Yang paling mengkhawatirkan adalah bila apa yang seharusnya merupakan hal yang biasa saja, menjadi berbanding terbalik dengan sudut pandang anak kecil. Tak ayal, mereka mengungkapkan pandangannya yang dangkal tersebut menjadi petaka. Itulah premis dari film Inggris yang diadaptasi dari novel karya Ian McEwan ini.

Adegan awal diperkenalkannya karakter Briony Tallis (Saoirse Ronan) yang sedang mempersiapkan naskah untuk dramanya. Briony yang lahir dari keluarga kaya ini memiliki kakak perempuan bernama Cecilia (Keira Knightley) yang terlihat akrab dengannya. Di balik jendela pagi itu, ia melihat kakaknya tampak keluar dari kolam halaman depan dalam keadaan basah kuyup. Di depannya, tampak berdiri Robbie Turner (James McAvoy), seorang pemuda yang bersama ayahnya bekerja di rumah keluarga Tallis tersebut. Ia menganggap apa yang dilihatnya tentang Robbie adalah seorang pemuda mesum yang memaksa kakaknya untuk menceburkan diri ke kolam, demi bisa melihat lekuk-lekuk tubuhnya. Muak dan cemburu, itulah yang dirasakan Briony, mengingat dia yang juga menaruh perasaan lebih terhadap Robbie, meski usia mereka terpaut sangat jauh. Briony juga tahu bahwa sebenarnya kakaknya memang memiliki hubungan spesial dengan Robbie, meski bisa dibilang hubungan keduanya cukup rumit. 

Suatu ketika, Robbie salah mengirimkan surat kepada Cecilia lewat Briony. Surat tulisan tangan yang seharusnya untuk Cecilia malah tertukar dengan ketikan asal-asalannya yang berisi kata-kata vulgar. Sialnya lagi, surat tersebut malah dibaca oleh Briony dan Lola (Juno Temple) yang kemudian menganggap Robbie adalah seorang maniak seks. Tak berapa lama, muncul insiden memalukan di keluarga Tallis. Lola menghilang pada suatu malam, hingga akhirnya Briony menemukannya di semak-semak dalam keadaan diperkosa oleh pria yang tak ia kenal. Meski Lola tidak tahu siapa pelakunya, tapi Briony sangat yakin bahwa orang yang memperkosa Lola adalah Robbie. Tak tinggal diam, Briony menceritakan hal tersebut. Maka tak butuh lama, polisi pun datang dan menggelandang Robbie. Adegan berlanjut ke setting 4 tahun selanjutnya, ketika Robbie menjadi tentara dan dikirim berperang ke Perancis. Sebelumnya, Robbie sempat bertemu pula dengan Cecilia yang menjadi perawat selama perang. Benarkah pemerkosa tersebut Robbie ? Dan mengapa Robbie menjadi tentara lalu dikirim ke Perancis sampai berujung pertemuan pertamanya dengan Cecilia setelah 4 tahun terpisah ?
Apa yang ingin diceritakan oleh Joe Wright lewat film ini adalah bahwa kesalahan kecil saja dapat berujung suatu akibat yang sangat fatal. Briony, gadis kecil  dengan segala keterbatasan pengetahuannya telah mengira bahwa Robbie seorang pria mesum dengan membiarkan kakaknya menceburkan diri ke kolam agar dapat melihat tubuh basahnya. Padahal apa yang terjadi adalah justru kakaknya berusaha mengambil pecahan vas yang terjatuh ke dalam kolam. Hal-hal biasa tersebut bisa jadi memiliki pandangan lain sesuai dengan siapa yang melihatnya. Dalam hal ini, Briony yang masih kecil memiliki sudut pandang dangkal dalam melihat sesuatunya serta dengan cepatnya membuat kesimpulan. Sebenarnya, itu adalah sebuah kewajaran bagi anak kecil. Tapi, apa yang ditampilkan dalam Atonement lewat kesalahan gadis kecil bernama Briony ini justru merupakan sebuah ironi. Bagaimana tidak, “penglihatan” yang dangkal tersebut justru membuat Robbie menderita selama bertahun-tahun. Hingga pertemuannya kembali dengan Cecilia, lebih dari cukup memberikan kesejukan hati.

Atonement berjalan dengan tempo yang lambat, tapi tidak membosankan. Justru saya sangat menikmati tempo lambatnya yang membuat film ini semakin nampak “kalem”. Selain itu, sinematografi yang indah serta musik klasik Inggris banyak menghiasi beberapa adegannya mampu membuat kesan royal terpancar kuat dalam Atonement. Faktor paling menariknya adalah penggunaan alur flashback dan sudut pandang, seperti dalam film Rashomon (1950) dan Flipped (2010) yang berfungsi untuk menampilkan adegan melalui sudut pandang seorang Briony dan kemudian flashback menuju adegan dengan sudut pandang kenyataan yang sebenarnya terjadi/berlawanan dari sudut pandang Briony. Atonement adalah drama yang dibalut kuat dengan atmosfer yang sangat kelam. Semua yang terjadi akibat kesalahpahaman seorang Briony merupakan sebuah ironi. Tak termaafkan, itulah mungkin punishment yang paling tepat untuk Briony dari Robbie. Tapi mau bagaimana lagi, semuanya sudah terjadi, apalagi itu semua dilihat oleh mata seorang gadis kecil yang tidak tahu apa-apa. Jika apa yang menimpa Robbie bisa disebut sebagai tragis, maka apa yang dialami Briony juga bisa dibilang seperti itu. Film yang bagus, akting yang bagus, dan premis yang bagus.

ATAU
9 / 10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

AYO KITA DISKUSIKAN !