Sabtu, 02 Mei 2015

CHILDREN OF MEN [2006]

**FILM SUPER**

Melihat betapa bagusnya film Gravity tahun 2013 kemarin, membuat saya jadi tertarik menonton film-film dari Alfonso Cuaron sebelumnya. Salah satunya adalah film bergenre sci-fi sama seperti Gravity, berjudul Children of Men yang dirilis tahun 2006. Sejauh ini yang saya ketahui bahwa Alfonso Cuaron memang tidak mengkhususkan membuat film bergenre sci-fi, tapi juga ada yang bergenre lain seperti Road Trip pada And Your Mother Too (2001) yang belum sempat saya tonton, dan genre fantasy dalam Harry Potter and Prisoner of Azkaban (2005).
 
Children of Men bersettingkan Inggris era distopia tahun 2027. Dimana pada era tersebut, dunia mengalami krisis yang disebut infertilisasi atau kemandulan. Ya, 18 tahun sudah di era tersebut tidak ada satupun bayi yang lahir. Tercatat bahwa manusia termuda pada era tersebut bernama Diego Ricardo yang berumur 18 tahun, namun pada akhirnya tewas dalam sebuah insiden. Di satu sisi dunia mengalami krisis infertilisasi, Inggris juga harus menghadapi ledakan jumlah para imigran gelap yang disebut Fugee dan serangan para teroris bernama Fishes yang menginginkan pemerintah Inggris untuk mengakui persamaan hak setiap pendatang yang berada di Inggris. 

Di suatu pagi, seorang mantan aktivis bernama Theo Faron (Clif Owen) tiba-tiba saja diculik oleh para Fishes. Hingga ia mengetahui, ternyata ketua dari gerakan pemberontakan tersebut adalah kekasihnya, Julian (Julianne Moore) yang telah terpisah selama 20 tahun. Julian pun meminta bantuan Theo untuk membuatkan dokumen perlintasan keluar dari Inggris untuk seorang gadis bernama Kee (Clare-Hope Ashitey) yang tengah hamil selama 8 bulan. Sudah tentu, Kee adalah harapan terakhir umat manusia. Masalah baru pun muncul dikarenakan pemerintah Inggris dipastikan menolak bayi yang lahir dari seorang Fugee. Theo akhirnya meminta bantuan sahabatnya, Jasper (Michael Caine) untuk mencari cara mengeluarkan Kee dari Inggris untuk dibawa menuju Human Project, sebuah proyek skala besar untuk mengembangkan jumlah populasi manusia dan menemukan obat kemandulan. Masalahnya adalah, Human Project tersebut masih samar-samar, keberadaannya dipercayai ada dan juga tidak.
 
Kisah utamanya seperti film-film sci-fi disaster pada umumnya. Era di masa depan di mana pada era tersebut terjadi berbagai macam krisis yang menjadi ancaman bagi umat manusia. Dalam Children of Men ini, aspek krisis tersebut berupa berhentinya manusia bereproduksi, sehingga ancaman kepunahan manusia semakin dekat. Film ini sangat sukses menampilkan setting distopia, bangunan kumuh tak terawat, serta tak lupa tentunya adegan chaos di mana-mana. Sinematografinya juga unik dengan banyak pengambilan gambar jarak dekat dan long shot. Sehingga sebagai penonton dapat lebih merasakan ketegangannya.   

Unsur utama yang menjadi film ini menarik adalah tidak hanya beberapa aspek yang telah saya sebutkan seperti di atas. Tetapi bagaimana Cuaron memasukkan unsur misteri mengenai penyebab infertilitas pada manusia serta Human Project tersebut. Sepanjang durasi film, memang tidak dijelaskan secara rinci mengenai penyebab infertilitas tersebut, serta apakah Human Project tersebut benar-benar ada. Cuaron sengaja membuat teka-teki tersebut kepada para penonton, agar para penonton sendiri memiliki jawaban atas Human Project. Ikut mempercayai Jasper yang yakin bahwa Human Project benar-benar ada, atau menyangsikannya seperti Faron. Semua jawaban kembali ke penonton, karena pendapat saya sendiri kedua jawaban tersebut sama betulnya.

ATAU
9,5 / 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYO KITA DISKUSIKAN !