Rabu, 06 Mei 2015

TOP 5 FILM STANLEY KUBRICK



Stanley Kubrick adalah sutradara kelahiran New York, 26 Juli 1928. Film panjang pertamanya adalah Fear and Desire (1953). Berbagai genre film telah banyak ia buat, mulai sci-fi, war, drama, hingga horror. Penghargaan yang pernah ia raih adalah Spesial Efek Terbaik di Academy Awards lewat film 2001 : A Space Odyssey. Berikut ini telah saya urutkan 5 film terbaiknya versi saya yang sejauh ini telah saya tonton :

1.       2001 : A SPACE ODYSSEY (1968)
Film sci-fi yang di dalamnya banyak bercerita mengenai evolusi, perjalanan ke luar angkasa, dan perkembangan teknologi. Seorang astronot, Dave Bowman (Keir Dullea) mendapatkan misi ke Jupiter. Dalam misi tersebut, ia dibantu oleh super komputer bernama HAL9000. Film ini bisa disebut sebagai mahakarya dari Stanley Kubrick.
[Nilai : 4 / 4 atau 10 / 10]
2.       DR. STRANGELOVE OR : HOW I LEARNED TO STOP WORRYING AND LOVE THE BOMB (1964)
Film yang bersettingkan perang dingin (Amerika vs Rusia) ini memiliki genre dark comedy. Presiden Amerika, Merkin Muffley (Peter Sellers) mencoba bernegoisasi dengan Perdana Mentri Rusia, Dmitri Kissoff, agar mereka menonaktifkan Mesin Kiamat, sebagai bentuk gencatan senjata.
[Nilai : 4 / 4 atau 10 / 10]
3.       A CLOCKWORK ORANGE (1972)
Diangkat dari novel karya Anthony Burgess tahun 1962. A Clockwork Orange berkisah mengenai pemuda urakan, Alex (Malcolm McDowell) beserta ketiga temannya yang selalu membuat onar, memukuli orang, dan memperkosa. Hingga akhirnya ia dipenjara dan melalui serangkaian treatment untuk menghilangkan kebiasan buruknya tersebut.
[Nilai : 4 / 4 atau 9,5 / 10]
4.       PATHS OF GLORY  (1957)
Bersettingkan perang antara Perancis dengan Jerman. 3 orang prajurit Perancis menolak untuk maju dalam serangan melawan tentara Jerman karena dinilai tidak masuk akal. Kemudian mereka mendapatkan pidana hukuman mati namun berusaha dicegah oleh Colonel Dax (Kirk Douglas).
[Nilai : 4 / 4 atau 9,5 / 10]
5.       THE SHINING (1980)
Diangkat dari novel laris karya Stephen King tahun 1977, seorang penulis bernama Jack Torrance (Jack Nicholson) mendapat pekerjaan untuk menunggu hotel Overlook selama musim dingin bersama istri dan anaknya. Berbagai macam hal mistis terjadi selama dia menjaga hotel tersebut.
[Nilai : 4 / 4 atau 9,5 / 10]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

AYO KITA DISKUSIKAN !