Rabu, 06 Mei 2015

AMERICAN BEAUTY [1999]

Bisa dikatakan, American Beauty memiliki kemiripan dengan A Separation. Keduanya mengangkat potret kecil kehidupan suatu rumah tangga. A Separation mewakili kehidupan keluarga kelas menengah di Iran, sedangkan American Beauty mewakili kehidupan keluarga atas Amerika.

Lester Burnham (Kevin Spacey), pria paruh baya pekerja kantoran di majalah bulanan, sepintas terlihat hidup bahagia dengan istrinya, Carolyn (Annette Bening) yang memiliki usaha penjualan real estate, serta anak remajanya, Jane (Thora Birch) yang memiliki masalah di masa pubertasnya. Seperti rata-rata kehidupan warga Amerika kelas atas lainnya, rumah mewah dengan halaman luas, mobil, dan pekerjaan mapan sudah mereka miliki semua. Tapi dibalik itu, pertengkaran kerap kali terjadi di antara mereka. Pemicu pudarnya keharmonisan keluarga mereka bisa disebabkan kurangnya interaksi hingga pemikiran paling benar sendiri antara Lester dan Carolyn. Mereka berdiri dengan ego mereka masing-masing dan tidak ada yang mau mengalah. Maka tidak heran bila Jane yang masih remaja dan butuh perhatian menjadi korban keegoisan mereka. 

Pada suatu malam, Lester dan Carolyn menghadiri pertunjukan dance-nya Jane di lapangan basket. Meski sebenarnya Lester enggan, tapi ia terpaksa datang juga. Pada saat itulah, Lester merasakan ketertarikan kepada sahabat Jane, Angela Hayes (Mena Suvari). Tapi pada dasarnya, ketertarikan Lester terhadap Angela lebih ke arah nafsu belaka. Di tempat yang lain, Jane disukai oleh pemuda misterius dekat rumahnya, Ricky Fitts (Wes Bentley). Hampir setiap hari, Ricky merekam Jane lewat camcorder secara diam-diam. Sebelumnya, Ricky sudah mengenal Lester pada sebuah acara, dimana di situ Ricky bekerja sebagai pelayan. Ricky dan Lester saling akrab, bahkan Ricky sempat menghisap ganja bersama Lester selama kerja, hingga menyebabkan Ricky dipecat malam itu juga. Bagaimana kelanjutan rumah tangga Lester dan Carolyn ? Serta bagaimana perasaan Jane terhadap Ricky begitu ia mengetahui selama ini telah dikuntit ?
Seperti yang saya tulis sebelumnya, bahwa film garapan Sam Mendes ini berkutat pada kehidupan sebuah keluarga dengan berbagai macam masalah yang melanda. Jika apa yang terjadi akibat dari perceraian di A Separation membuat hubungan antara anggota keluarga menjadi retak, maka apa yang terjadi di American Beauty juga seperti itu. Ketidak harmonisan antara Lester dan Carolyn akibat keegoisan dan perselingkuhan mereka masing-masing, secara tidak langsung juga berdampak pada perkembangan secara psikologis anaknya, Jane. Dalam hal ini, Jane, gadis remaja yang masih awang-awang dengan masa depannya, memang sangat membutuhkan dukungan dari kedua orangtuanya. Maka dengan pertengkaran-pertengkaran kedua orangtuanya dan perselingkuhan ayahnya dengan Angela, tidak salah bila Jane memilih untuk melarikan diri bersama Ricky yang ia anggap satu-satunya orang yang mencintainya.

Amerika adalah negara besar dan maju, dimana sebagian besar warganya hidup dalam kecukupan. Negara maju, warganya cenderung banyak yang bekerja di kantoran. Kesibukan kerja di kantor, membuat waktu untuk berkumpul bersama keluarga jadi berkurang dan menyebabkan pudarnya keharmonisan. Dalam hal ini, keluarga Burnham adalah salah satu contohnya. American Beauty, yang memiliki arti “keindahan orang Amerika” adalah bentuk sarkastik terhadap kehidupan orang Amerika kebanyakan. Lester, pria paruh baya yang tertarik dengan gadis-gadis muda. Carolyn, wanita paruh baya yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk urusan bisnis. Jane, gadis remaja yang kehilangan kepercayaan diri. Angela, gadis remaja yang lebih menyukai pria paruh baya. Ricky, mengkonsumsi ganja sebagai pelarian atas didikan keras ayahnya. Serta ayah Ricky, Colonel (Chris Cooper) yang mendidik anaknya ala militer hanya karena ia seorang tentara. Semua karakter di sini memang tercipta dari apa yang disebut disfungsi keluarga, yaitu sebuah keadaan di mana keluarga tidak dapat berjalan sebagai mana mestinya. Sungguh tamparan keras untuk keluarga-keluarga atas Amerika.
ATAU
9 / 10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

AYO KITA DISKUSIKAN !