Senin, 11 Mei 2015

FLIPPED [2010]

Jika Anda menginginkan untuk menonton film romance yang tidak mellow, lucu, tanpa nudity scene, dan membuat senyum-senyum sendiri, rasanya film ini bisa menjadi pilihan. Flipped mengambil tema fenomena cinta monyet dari anak usia belasan tahun, jadi sudah bisa dibayangkan akan seperti apa filmnya nanti. Yang pasti penuh kelucuan dan cemburunya ala anak SMP.


Keluarga Loski yang terdiri 4 orang baru saja pindah ke rumah baru mereka. Di depan rumah baru mereka, terdapat rumah dari keluarga Baker. Anak termuda dari keluarga Baker, Juli kecil, tiba-tiba menawarkan bantuan untuk memindahkan barang-barang milik keluarga Loski, di sana terdapat Bryce kecil yang seumuran dengannya. Ayah Bryce, Steven (Anthony Edwards) kelihatan tidak menyukai apa yang dilakukan oleh Juli. Di awal-awal pertemuannya, Bryce sudah menyadari bahwa Juli adalah anak yang keras kepala. Apa yang dilakukan Juli sebenarnya terdorong dari perasaan sukanya terhadap Bryce. Kemanapun Bryce pergi, Juli selalu mengejarnya. Bahkan di sekolahpun, Bryce selalu diejek oleh teman-temannya, bahwa Juli adalah pacarnya. Intinya, Bryce sangat membenci Juli. 

Untuk memberikan rasa aman, Bryce yang sudah kelas 6 (Callan McAuliffe) memacari temannya, Sherry Stalls (Ashley Taylor), tentu hal tersebut membuat Juli (Madeline Caroll) sangat cemburu bukan kepalang, apalagi Juli sangat membenci Sherry. Sebenarnya yang dilakukan Bryce adalah membuat Juli kehilangan semangat dan tidak lagi mengejar-ngejarnya. Tapi, tujuan asli Bryce terbongkar, dan Sherry memutusnya. Maka, sudah jelas kalau Juli lagi-lagi meliriknya sampai mereka masuk SMP. Bagi Bryce, keanehan Juli semakin menjadi-jadi ketika tiap pagi ia selalu memanjat pohon Sycamore untuk melihat bus sekolah lewat. Bahkan, Juli mempertahankan pohon tersebut habis-habisan ketika akan ditebang oleh kontraktor. Perjuangan Juli untuk mendapatkan hati Bryce tidak pernah berhenti. Pergolakan batin dialami Bryce, ia bertanya-tanya mengapa ia tidak berani memarahi Juli. Hingga tiba saat di mana Juli membenci Bryce karena telah membuang telur-telur yang diberikannya. Merasa bersalah, Bryce mencoba mendekati Juli untuk meminta maaf. Tapi yang ada malah Juli selalu berusaha keras untuk menghindarinya. Mungkinkah perasaan tidak jujur Bryce dan penghindaraannya pada Juli sebenarnya di dalamnya terbesit rasa suka ?

Apa yang dirasakan Bryce dan Juli wajar pada anak muda usia belasan tahun. Merasa menyukai seseorang, tapi sebenarnya tidak dapat mengungkapkan. Pertemuan pertama Juli dengan Bryce sudah membuatnya suka. Perasaan suka yang hanya sebatas sekilas itu kemudian ia artikan sebagai cinta, atau lebih tepatnya cinta monyet. Bryce sekuat mungkin menghindari Juli. Dengan berusaha menjauhinya, sebenarnya sosok Juli semakin terpatri kuat dalam ingatannya. Bahkan, ia tidak mampu bicara langsung untuk melarangnya, yang ada malah momen yang membuat Bryce merasa iba pada Juli. Perasaan tidak berani tersebut tanpa ia sadari adalah bentuk rasa sukanya pada Juli. Saya suka bagaimana Rob Reiner yang terkenal lewat This is Spinal Tap (1984), mengemas cinta monyet yang sederhana tadi dengan plot sudut pandang. Dengan begitu, penonton dapat tahu lebih jelas mengenai perasaan masing-masing dari karakter utama, Bryce dan Juli. 

Flipped yang berarti terbalik, memang menyoroti peralihan perasaan antara Bryce dengan Juli. Berawal dari rasa suka Juli pada Bryce, kemudian benci, dan Bryce berganti menyukai Juli. Sangat sederhana sekali. Kisah cinta yang innocent dan lucu itu berhasil membuat saya senyum-senyum sendiri selama menontonnya. Saya menikmati setiap tingkah laku Bryce dan Juli yang penuh kepolosan dan kelucuan dalam mengenal “cinta” itu. Apalagi saat kecemburuan Juli pada Sherry yang telah merebut Bryce, atau kecemburuan Bryce pada Eddie yang telah ditawar Juli pada acara lelang pembawa keranjang. Yang saya lihat, Flipped tidak hanya berfokus pada kucing-kucingan Bryce dengan Juli saja, tapi juga keluarga mereka berdua. Juli berasal dari keluarga sederhana, tapi di dalamnya kehangatan jelas sekali terasa. Mereka saling menyayangi satu sama lain dan kompak. Berbeda dengan keluarga Loski yang bisa dikatakan lebih kaya, tapi sebenarnya sedikit kurang harmonis. Ayah Bryce, Steven, adalah orang yang berpandangan negatif pada siapa saja, terutama pada keluarga Baker. Keakraban di antara mereka kurang begitu terjalin. Apalagi ketika kakeknya Bryce yang tidak pernah bicara dengan yang lain, malah begitu akrabnya dengan keluarga Baker, terutama Juli. Flipped pada akhirnya sesuai dengan ekspektasi saya tentang film romance comedy dari sudut pandang anak muda belasan tahun, lucu dan menggemaskan.
ATAU
8 / 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYO KITA DISKUSIKAN !