Minggu, 24 Mei 2015

MEMENTO [2000]

Apakah Anda tipe orang yang menyukai film-film penuh teka-teki dan misteri di dalamnya ? Jika benar, maka Anda harus menikmati film kedua penyutradaraan Christopher Nolan ini. Dengan plot yang ­non-linear, Anda benar-benar akan dibuat mind-blowing dengan teka-teki yang disebar di sepanjang film ini. Bahkan mulai dari menit-menit pertama, pikiran Anda sudah akan dipenuhi dengan banyak pertanyaan.

Seorang pria bernama Leonard Shelby (Guy Pearce) bertekad akan membalaskan dendam pada seseorang yang telah memperkosa dan membunuh istrinya. Kesulitan semakin bertambah karena ia mengidap short-term memory / ingatan jangka pendek. Untuk membantu mengingat, ia harus sering membuat catatan dan memotret setiap benda, tempat, atau orang yang ia temui dengan kamera polaroid. Tidak tanggung-tanggung, bahkan ia membuat catatan dengan cara mentato seluruh tubuhnya. 

Saya rasa cukup itu saja yang bisa saya tuliskan sebagai sinopsis. Dari segi inti cerita, Memento sebenarnya tidak rumit, yaitu tentang seorang pria yang mencoba mencari pemerkosa dan pembunuh dari istrinya. Tapi yang membuat Memento sangat berbeda adalah penggunaan plot reverse chronologynya. Ya, di bagian awal sudah dibongkar siapa orang yang ‘dimaksud’ oleh Leonard yang telah membunuh istrinya. Kemudian cerita berlanjut dengan alur mundur satu persatu. Dari situ, kita akan tahu segala peristiwa yang telah dilalui olehnya hingga ia bertemu dengan si pembunuh tersebut. Di antara pergantian adegan yang satu dengan lainnya, disisipi beberapa flashback dari Leonard dengan layar hitam putih. Antara adegan reverse dan flashback memang memiliki benang merah yang tidak bisa dipisahkan. 

Memento benar-benar sukses memeras otak saya. Satu persatu kepingan misteri wajib saya susun kembali agar dapat menemukan jawabannya. Dialog yang ‘cukup’ rumit memang sudah menjadi ciri khas dari Christopher Nolan, dan harus saya hadapi. Untuk penggunaan plotnya yang unik, sebenarnya sudah bukan hal yang baru lagi di dunia film. Jauh sebelum Memento, ada film Rashomon (1950) karya Kurosawa Akira yang juga menggunakan plot yang sama.

Mungkin pada awalnya, penonton akan bertanya-tanya, mengapa harus menonton Memento hingga selesai jika di awal sudah tahu siapa orang yang dicari oleh Leonard ? Jawabannya karena Memento bukan film mysteri thriller biasa. Fokus utama dalam Memento sebenarnya adalah bukan mengenai pencarian pembunuh dari istri Leonard, melainkan proses yang diikuti oleh Leonard ketika mencari fakta-fakta tentang pembunuh istrinya. Hal itulah yang membuat Memento benar-benar sangat asyik sekali untuk diikuti.  

Christopher Nolan tidak asal mereverse film yang diangkat dari cerita pendek karya Jonathan Nolan ini. Di dalamnya akan banyak kita temui dialog yang harus benar-benar dicermati serta jangan sampai kehilangan satu adegan pun, sedikit saja maka akan kehilangan arah dalam mengikuti cerita dari Memento. Seperti ciri khas Nolan pada film-film lainnya, tidak lupa ending twist menjadi senjata ampuh untuk menutupnya. Tidak hanya itu saja, Anda akan benar-benar dibuat berdecak kagum ketika tahu fakta sesungguhnya di balik cerita flashback yang diselipkan pada setiap pergantian adegannya. 

Esensi yang saya dapat dari Memento ini adalah mengenai pergolakan batin seorang Leonard Shelby yang memiliki ingatan jangka pendek. Setiap apa yang dilakukannya, maka sekitar 10 menit kemudian ia sudah lupa dengan apa yang telah ia lakukan. Dengan begitu, Leonard mulai berpikir tentang pembalasan dendamnya, “sudah aku lakukan kah ? Atau belum ?” karena kedua jawaban tersebut sama saja. Jika ‘sudah’, akhirnya dia juga akan lupa, bukan ?. Jika ‘belum’, dari mana ia tahu ?. Intinya, Leonard lakukan apa yang ‘harus ia lakukan’. Sekalipun pada akhirnya harus memudar dari ingatannya.   
ATAU
8,5 / 10

41 komentar:

  1. min, uda mau meleyup kepalaku dengan misteri film ini. sebenarnya pembunuhnya siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembunuh sebenarnya itu James Grant

      Hapus
    2. Pembunuhnya sudah dikasih di awal cerita. TEDDY...film bercerita dari ending ke awal, Bukaan seperti film lain yaitu dari awal baru ending. film ini unik karena cerita terakhir dimundurkan. Film ni adalah film psikologi yang butuh logika kamu untuk berfikir....bukti jika kamu cerdas maka sudah pasti mudah mengerti akan alur ceritanya.

      Hapus
  2. bingung jg bro, kykx leonard sendiri yg bunuh dengan disuntik pake insulin,istrix kan penderita diabetes..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Yang aku engga ngerti adalah hubungan antara Teddy dan Jimmy itu apa? Yang kedua adalah siapa itu Dodd? Dan apakah Sammy itu nyata atau hanya alam bawah sadar si Leonard?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sammy itu alam bawah sadar si lenny

      Hapus
    2. Teddy itu kan polisi yg bantu si Leonard, untuk nyari pembunuh istrinya. pembunuhnya itu si Jimmy (he raped and kill my wife, tattoo on his neck).

      Dodd itu saya jg msh belum paham haha

      Sedangkan Sammy itu nyata bray, itu klien nya si Leonard. Mungkin dia itu terobsesi sama Sammy sehingga dia juga jadi short-memory-loss gitu

      ada yg punya pendapat laen?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Dodd itu pembunuh bayaran dari natalie, karena si lenny yang udah bunuh si jimmy pacarnya natalie, sedangkan jimmy itu pengedar narkoba yang dijebak sama teddy, teddy emg mau ngebunuh jimmy karena teddy sebenarnya jg terlibat narkoba, jadi teddy manfaatin lenny buat bunuh jimmy, teddy itu polisi yang bantu lenny, Waktu istrinya diperkosa istri lenny sbnrnya ga mati, tapi lenny udah kena gegar otak . . dan istri lenny juga diabetes dan mati karena suntik insulin . . jadi yang lenny ingat hanya trauma pemerkosaan itu. sammy itu nyata dia klien lenny, karena lenny emg penyidik asuransi kerjaanny

      Hapus
    5. Kalo menurutku sih, dodd itu orang yang punya masalah sama si jimmy & natalie, itu juga mengapa si natalie manfaatin lenny buat ngebunuh dodd. Kenapa dodd ngejar si lenny? Karena dodd kira lenny itu si jimmy karena si lenny ngendarain mobilnya jimmy.

      Hapus
  6. Aku gak sempet ngambil nafas pas lihat setiap adegan di film ini. Butuh konsentrasi tinggi boooo'.
    Ini film yang membuat penontonnya mengalami apa yang dialami Leonard: kalau gak fokus, bisa lupa apa yang terjadi di adegan reverse sebelumnya.
    And it really disturbs. Perlu rewind?
    Jangan ah, gak seru kalau rewind. Mending ditonton sampai selesai, lalu nonton lagi untuk yang kedua kalinya, hehehe.

    BalasHapus
  7. ane juga pusing nonton film ini, banyakan twist banget deh,, dan lagi bikin harus mikir tajemm... salut buat yang bikin film ini.

    BalasHapus
  8. Coba pada nonton filmnya primer (2004) ini mah lebih parah dari memento, gak ngerti blass malahan

    BalasHapus
  9. Saya pernah nonton nih fim sepuluh tahun yang lalu, tapi waktu itu bingung dengan ceritanya. Thanks udah nge-rivew film ini, saya jadi sedikit mengerti alur ceritanya.

    BalasHapus
  10. trus yang merkosa siapa? jimmy apa teddy? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan dua2nya, jimmy cuma pengedar narkoba yg dijebak teddy sekaligus dipake buat muasin keinginan lenny untuk bales dendam. teddy tuh polisi yang emang ngurusin kasus pemerkosaan istrinya dan yg menggiring lenny hingga berhasil bales dendam ke si pelaku setahun yang lalu (foto lenny senyum bahagia). tapi kan si lenny lupa kalo dia udah selesai balas dendam sebenernya. dan itu yang dijelasin sama teddy di akhir cerita, tapi lenny gak terima kenyataan itu karna dia merasa tujuan hidupnya hanya untuk mencari John G. makanya dia gamau terima kenyataannya dan pengen terus cari john G supaya terus punya alasan hidup dan memenuhi hasrat balas dendamnya yang tak akan pernah usai karna selalu lupa.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  11. Hubungannya lenny sm natalie apa yak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya emang g ada hubungan apa2. Jd lenny wktu hbs bunuh jimmy,dia pake pakaian n mobil jimmy. Sblm pergi..dia bakar dlu foto dia (yg ketawa hbs bunuh) sama foto jimmy yg hbs dia bunuh,buat ilangin memori saat itu. Setelah itu dia ambil d saku jas ada catatan n bar dimana natalie kerja. Jadi dia pergi k tukang tatto n cuma ngikutin nalurinya aja. Sampe akhirnya ketemu natalie..n ntalie sadar kalo pakaian n mobil yg dipke lenny itu punya jimmy.

      Hapus
  12. Dan sebenernya yg di telp lenny bolak balik pas flashback itu siapa ???

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Di scene akhir, teddy jelasin kalau pelakunya hanya orang asing, dan sebenernya teddy sama lenny udah ngebunuh si pelaku setahun yang lalu (buktinya foto si lenny yang tersenyum setelah ngebunuh pelaku). Teddy pikir lenny bakal normal lagi setelah ngebunuh pelaku, tapi nyatanya lenny tetep bermasalah dengan ingatannya, makanya lenny dimanfaatin sama teddy buat ngebunuh si jimmy.

      Hapus
  14. Ya Allah berat banget film nya ini..
    Tapi ngehh sih dengan jalan cerita nya, tapi yg bisa bikin gak mengerti adalah dialog nya yg menurut ku berat banget

    BalasHapus
  15. trus hubungan antara lenny sama perempuan yang ditemui lenny dikamar mandi lagi pake narkoba itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu wanita bayaran (you know what i mean) yg dia sewa dari koran cuma sekedar untuk mengingatkan dia soal pemerkosaan istrinya,kan disitu tuh cewe gak dipake, cuma disuruh kalo lenny udh tidur dia banting pintu sampe lenny bangun persis kayak yg dia ingat pas pemerkosaan istrinya.

      Hapus
  16. Ini film keren sih alurnya, bikin pusing ga setiap orang bisa ngerti ceritanya begitu aja kaya film pada umumnya setelah menontonya. Buat orang yg kaga ngerti ada 2 nih alesan dia akhirnya bisa ngerti

    Pertama : karena dia nonton ulang filmnya dan menyimaknya bener2 akhirnya jadi ngerti

    Kedua :Dia membaca postingan ulasan macam ini lalu mengerti

    Ketiga :baca komenan orang lain yg sudah paham beserta pertanyaan2 di kolom komentar yang di tanyakan oleh orang lain yg tidak mengerti juga lalu di jawab oleh orang yg mengerti

    Nah gw ngerti sama cerita nih film akhirnya karena alasan yang terakhir 😁

    BalasHapus
  17. Aslina ieu film AJiiiiibbbb maaaaang!!!! saking ajibna aing teu ngarti!! sing demi teu ngarti 😭😭😭
    nonton ampir 2 jam, malah loba pertanyaan.

    1. Yg di perkosa & dibunuh itu siapa sebenarnya?? istri lenny apa jemmy??

    2. Kenapa Natalie ga langsung bunuh aja si lenny yg udh bunuh si jemmy, kenapa mesti nyuruh si mang doddi???padahal tidur bareng, langsung sikat aja padahal mh si lenny nya.

    3. Si Jemmy itu polisi?? kenapa ga menunjukkan di adegannya bahwa jemmy seorang polisi, ga nunjukin kartu anggota kepolisian nya gtu or apa kek doi tugas di kesatuan mana..

    4. Trus si jemmy dateng k tempat gudang/rumah sepi mau apa???

    Mi Alloh aing teu ngartiiii gustiii😭

    BalasHapus
  18. 1. Istri lenny tapi tidak mati
    2. Karna dia tau lenny dimanfaatin sama teddy untuk curi uang yg ada di mobil,,sekaligus manfaatin lenny untuk bunuh teddy
    3. Jemmy gembong narkoba
    4. Punya urusan sama teddy yg lagi nyamar

    BalasHapus
  19. Menurutku sammy jankins itu lenny sendiri.wktu lenny mau ngebunuh jimmy, si jimmy nyebut nama sammy.jd apa yg di cari lenny siapa pmbunuh istrinya gak prnh ada dan apa yg di bilang tedy bhwa lenny itu adlh sammy benar.intinya lenny itu adlh sammy

    BalasHapus
  20. Keren sih ni film harus nonton ulang biar bisa faham

    BalasHapus
  21. Film kek gitu aja gk ngerti, giliran bokep langsung coli kelen

    BalasHapus
  22. PADA SALAH SEMUANYA!!!

    COBA LIHAT PADA MENIT MENIT TERAKHIR, ADEGAN KETIKA SI LENNY LAGI NAIK MOBIL, MENUJU... SEBELUM SAMPE KE TUKANG TATTO.

    PERHATIKAN BAIK BAIK, JANGAN BERKEDIP!
    ADA POTONGAN ADEGAN YG MENUNJUKKAN BHW ISTRINYA MASIH HIDUP, DIA LAGI REBAHAN AMA SI LENNY, DISITU DITUNJUKKAN BHW ISTRINYA LAGI LIATIN TATO SI LENNY DI DADA KIRINYA: "I HAVE DONE".

    HARUSNYA ADA LANJUTAN LAGI NIH FILM SI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya sih itu cuman imajinasi si lenny, adegan itu kan muncul pas si lenny memejamkan matanya beberapa detik.

      Hapus

AYO KITA DISKUSIKAN !